×

Thursday, December 20, 2012

makalah asia tenggara


BAB I
PENDAHULUAN

1.      Latar Belakang
Asia Tenggara adalah sebuah kawasan di benua Asia bagian tenggara. Kawasan ini mencakup Indochina dan Semenanjung Malaya serta kepulauan di sekitarnyaAsia tenggara memiliki letak yang ditinjau dari berbagai aspek baik itu dari
segi astronomis,geografis,politis,ekonomis serta sosial serta keadaan alamnya.Letak
dari asia tenggara yang sangat strategis menjadikan kawasan ini alur perdagangan
global.
Dalam era global yang berkembang dengan sangat pesat mendorong negara
yang ada  di dunia terus melakukan perubahan sesuai dengan apa yang ada sekarang
ini .Pada wilayah regional asia tenggara saat ini menghadapi berbagai permasalahan
di masing-masing negara di asia tenggara dan tantangan perekonomian.
            Dengan demikian perlu mengetahui lebih jauh tentang asia tenggara serta
Negara-negara yang ada di kawasan ini tidak hanya mengenal sekilas apakah asia
Asia tenggara? maka yang terjawab mungkin hanya tentang negara-negaranya,untuk
lebih mendalamnya akan dijelaskan dengan pembahasan.
           

2.      Rumusan Masalah
Dalam latar belakang tersebut di atas ada beberapa hal yang dapat didefinisikan ke dalam rumusan masalah yang dibahas dalam makalah ini. Rumusan masalahnya adalah sebagai berikut:
1.      Menjelaskan letak dari regional asia tenggara
2.      Bagaimana keadaan bentang alam,serta sosial budaya dari  asia tenggara


           


BAB II
PEMBAHASAN

Asia Tenggara berbatasan dengan Republik Rakyat Cina di sebelah utara, Samudra Pasifik di timur, Samudra Hindia di selatan, dan Samudra Hindia, Teluk Benggala, dan anak benua India di barat. Asia Tenggara biasa dipilah dalam dua kelompok: Asia Tenggara Daratan (ATD) dan Asia Tenggara Maritim (ATM).
Malaysia, meskipun ada bagian yang tersambung ke benua Asia, biasa dimasukkan ke dalam ATM karena alasan budaya. Semua negara Asia Tenggara terhimpun ke dalam organisasi ASEAN. Timor Leste yang sebelumnya merupakan bagian dari Indonesia telah mengajukan diri menjadi anggota ASEAN walaupun oleh beberapa pihak, atas alasan politis, negara ini dimasukkan ke kawasan Pasifik. Secara geografis (dan juga secara historis) sebenarnya Taiwan dan pulau Hainan juga termasuk Asia Tenggara, sehingga diikutkan pula. Namun demikian, karena alasan politik Taiwan dan pulau Hainan lebih sering dimasukkan ke kawasan Asia Timur. Kepulauan Cocos dan Pulau Christmas, yang terletak di selatan Jawa, oleh beberapa pihak dimasukkan sebagai Asia Tenggara meskipun secara politik berada di bawah administrasi Australia. Sebaliknya, Pulau Papua dimasukkan sebagai Asia Tenggara secara politik meskipun secara geologi sudah tidak termasuk benua Asia
LETAK ASIA TENGGARA


1.      Letak astronomis

Asia Tenggara merupakan bagian dari Benua Asia (benua terluas di mukabumi), yaitu mencakup 30%-nya. Secara astronomis Asia Tenggara terletak antara
21LU – 11LS dan 95BT - 141BT. Wilayah Asia Tenggara terletak disekitar khatulistiwa dan seluruhnya berada dalam wilayah Bujur Timur. Berikutadalah batas-batas geografis kawasan Asia Tenggara.
Sebelah utara : Daratan Cina dan India.
Sebelah timur : Samudra Pasifik.
Sebelah selatan : Samudra Hindia dan Benua Australia.
Sebelah barat : Samudra Hindia.




2.      Sosial budaya

Penduduk asli asia tenggara adalah bangsa melayu yang termasuk ras mongoloid. bangsa ini datang dari daratan cina,
2.500 tahun lalu. awalnya,bangsa ini banyak dijumpai di wilayah indonesia dan filipina, namun kemudian menyebar ke berbagai pulau. dalam perkembangannya, penduduk asia tenggaraterdiri dari berbagai macam suku bangsa. menurut data
cia the world factbook tahun 2008 jumlah penduduk di asia tenggara mencapai 581,853,468 jiwa. rata-rata pertumbuhan penduduk mencapai 2,34% per tahun. indonesia adalah negaradengan penduduk paling banyak, sedangkan singapura berpenduduk paling sedikit.tata kehidupan masyarakat asia tenggara memiliki beberapa kesamaan.misalnya, kehidupan agraris dan keagamaan. sebagian besar negara asia tenggaramemiliki masyarakat agraris. kegiatan pertanian tradisional masih banyak ditemui diberbagai negara. oleh karenanya, sebagian besar masyarakat tinggal di daerah-daerah subur, seperti lembah sungai dan pegunungan.agama utama masyarakat asia tenggara adalah islam, buddha, hindu, dankatolik roma. agama islam yang dibawa para pedagang islam dipeluk olehmayoritas penduduk di wilayah malaysia dan indonesia. mayoritas penduduk Myanmar, Thailand, Laos, dan Kamboja adalah pemeluk buddha, yang dibawa dariindia. agama katolik roma banyak dipeluk oleh masyarakat Filipina.bahasa utama yang digunakan di wilayah asia tenggara adalah bahasa melayu,dan beberapa bahasa peninggalan masa penjajahan, Seperti Inggris,Portugis, Dan Spanyol

3.      Sumber daya alam dan perekonomian

Sumber daya alam di wilayah Asia Tenggara sangat potensial terutamapertanian, perkebunan, dan kehutanan. Potensi yang besar terutama dipengaruhioleh beberapa hal berikut.
·         Banyak lembah sungai yang subur.
·         Banyak gunung api yang memberi dampak kesuburan tanah.
·         Iklim tropis dengan dua musim bergantian dan sinar matahari sepanjang tahun.
Hasil-hasil pertanian/perkebunan utama adalah padi (terutama Thailand),kelapa sawit, kopi, teh, tembakau, rempah-rempah, buah-buahan, dan sebagainya.Hasil-hasil hutan meliputi berbagai jenis kayu, damar, terpentin, dan lain-lain.Selain pertanian, sebagian besar wilayah Asia Tenggara kaya akan bahantambang. Hasil tambang utama, antara lain minyak dan gas bumi, batu bara, perak,emas, timah, dan berbagai jenis logam lain.
·         Jalur timah utama ditemukan di sepanjang Semenanjung Malaysia dan sebagianlagi ada di wilayah Indonesia (Bangka Belitung). Malaysia menjadi salah satuprodusen timah utama.
·         Endapan minyak banyak dijumpai di wilayah Indonesia dan Myanmar.
·         Gas alam paling banyak ditemukan di wilayah Indonesia. Indonesia menjadipengeskpor gas alam terbesar.
·         Batu bara banyak ditemukan di wilayah Vietnam dan Indonesia, .
·         Mineral besi banyak ditemukan di wilayah Vietnam, Malaysia, dan Filipina.
Selain pertanian dan pertambangan, beberapa negara Asia Tenggara jugamengembangkan kegiatan industri. Singapura adalah negara pelopor industri di Asia Tenggara. Berbagai macam industri yang telah dirintis adalah industri logam,elektronika, makanan dan minuman, berbagai industri pengolahan minyak mentah,karet, dan lain-lain. Negara dengan potensi pertanian umumnya mengembangkanagroindustri. Selain itu industri wisata menjadi pendukung yang tidak kalah penting. Jadi, dapat disimpulkan bahwa perekonomian sebagian besar negara dikawasan Asia Tenggara terutama masih didominasi ekspor bahan mentah industri(hasil-hasil pertanian, perkebunan, kehutanan, dan pertambangan). Tujuan eksporterutama adalah negara-negara industri (negara maju). Namun, Singapura dengandukungan sarana transportasi dan kemajuan teknologi, telah mendukungpeningkatan industri dan perdagangan di kawasan Asia Tenggara.

4.      Letak geografis

Unsur geografis adalah keadaan alam di muka bumi yang membentuk lingkungan hidup manusia. Yang termasuk unsur geografis adalah bentang alam, letak, luas, batas, iklim, dan sebagainya. Unsur geografis merupakan salah satu objek geografis. Objek geografis digolongkan menjadi dua, yaitu: objek geografis fisik dan objek geografis non fisik. Objek geografis fisik antara lain bentang alam, letak, luas, batas, dan iklim. Sedangkan objek geografis non fisik adalah keadaan penduduk dan aktivitasnya. Marilah kita bahas unsur geografis di kawasan Asia Tenggara.

1. Bentang Alam
Asia Tenggara
Bentang adalah keadaan umum tentang suatu wilayah. Dari Asia Tenggara terbagi atas dua bagian utama, yaitu berikut ini.
a. Daratan Berbentuk Semenanjung
Semenanjung adalah tanjung yang besar. Wilayah yang berbentuk semenanjung adalah Myanmar, Thailand, Laos, Kampuchea, Vietnam, dan wilayah Malaysia bagian barat.
b.  Daratan Berbentuk Gugusan Kepulauan
Wilayah yang berbentuk gugusan kepulauan adalah Filipina, Indonesia,wilayah Malaysia bagian       timur, Singapura, dan Timor Leste.
2. Letak, Luas, dan Batas
Letak suatu wilayah dapat ditinjau secara astronomis dan geografis. Letak astronomis adalah letak yang didasarkan pada garis lintang dan garis bujur. Sedangkan letak geografis adalah letak yang didasarkan posisi suatu wilayah terhadap wilayah lainnya. Letak astronomis Asia Tenggara adalah 280 LU – 110 LS dan 920 BT – 1410 BT. Letak geografis Asia Tenggara berada di antara tiga perairan, yaitu:
- Samudra Hindia dan Teluk Benggala di bagian barat;
- Laut Cina Selatan di utara;
- Samudra Pasifik di timur.
Luas wilayah Asia Tenggara beserta wilayah perairannya adalah + /- 4. 511.167 km2.
3. Keadaan Iklim
Iklim merupakan salah satu unsur geografis. Apakah iklim itu? Iklim adalah keadaan rata-rata cuaca dalam jangka waktu lama dan meliputi daerah yang sangat luas. Iklim ada dua jenis, yaitu iklim matahari dan iklim fisis. Iklim matahari adalah keadaan iklim yang didasarkan pada letak suatu wilayah terhadap garis astronomis. Perhatikan pembagian iklim matahari di bawah ini!
Wilayah Asia Tenggara secara astronomis terletak antara 280 LU – 110 LS. Ini berarti wilayah Asia Tenggara berada di daerah beriklim tropis. Hanya sebagian kecil kawasan Asia Tenggara yang beriklim subtropis yaitu Myanmar bagian utara. Bagaimana ciri-ciri iklim tropis Asia Tenggara? Ciri-cirinya adalah:
- curah hujan tinggi, karena pengaruh adanya angin muson barat;
- suhu udara panas, karena berada di dekat garis ekuator.
Selain iklim matahari, keadaan iklim dapat ditinjau dari keadaan fisik muka bumi dan wilayah perairan. Keadaan iklim yang ditinjau dari keadaan fisik muka bumi dan wilayah perairan disebut iklim fisis. Beberapa iklim fisis di kawasan Asia Tenggara adalah sebagai berikut.
a. Iklim laut, yaitu iklim yang dipengaruhi oleh angin laut. Hal ini terjadi karena wilayah Asia Tenggara dikelilingi laut yang luas.
b. Iklim gunung, yaitu iklim yang dipengaruhi oleh adanya gunung-gunung tinggi.
c. Iklim dataran rendah, yaitu iklim yang dipengaruhi oleh adanya dataran rendah yang tersebar di kawasan Asia Tenggara










BAB III
PENUTUP

1.Kesimpulan
            Asia Tenggara adalah sebuah kawasan di benua Asia bagian tenggara. Kawasan ini mencakup Indochina dan Semenanjung Malaya serta kepulauan di sekitarnya.
Letak astronomis :
21LU – 11LS dan 95BT - 141BT
Letak sosial budaya:
 Penduduk asli asia tenggara adalah bangsa melayu yang termasuk ras mongoloid. bangsa ini datang dari daratan cina,2.500 tahun lalu. awalnya,bangsa ini banyak dijumpai di wilayah indonesia dan filipina, namun kemudian menyebar ke berbagai pulau.
letak ekonomis:
 perekonomian sebagian besar negara dikawasan Asia Tenggara terutama masih didominasi ekspor bahan mentah industri(hasil-hasil pertanian, perkebunan, kehutanan, dan pertambangan
letak geografis :

letak politis

2.Saran
            Makalah ini menjadi referensi untuk pembaca dalam penjelasan mengenai kawasan asia tenggara dengan berbagai letak dan serta pendukung referensi.Dalam hal ini negara Asia tenggara benar-benar memanfaatkan letaknya yang strategis untuk kemajuan negara yang ada di dalam region tersebut dan menjadi ekonomi terbesar di dunia di masa depan.







0 komentar:

Post a Comment